Saturday 1 May 2010

Jangan Menuntut Permohonanmu Kepada Allah, Tetapi Tuntutlah Dirimu Yang Kurang Sopan

Justify FullDennyze dizzy ( SKI FK UWKS )30 April jam 14:29


"Janganlah menuntut kepada Tuhan karena keterlambatan terkabulnya permohonanmu, namun tuntutlah dirimu sendiri yang kurang sopan."

Permintaan hamba kepada Allah itu adakalanya segera dipenuhi, namun kadang-kadang diperlambat. Bahkan Allah pun berkuasa untuk menangguhkan sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Semua itu merupakan hakNya. Engkau tak boleh mengganggu gugat.

Cepat atau lambat Allah memenuhi permintaanmu bergantung pada amalmu; bergantung doa yang engkau panjatkan kepadaNya. Sayangnya, karena hawa nafsu sehingga engkau merasa tak sabar dalam memohon. Engkau menuntut agar Allah segera mengabulkan. Memang demikianlah sifat nafsu, ia akan selalu berkeluh kesah manakala keinginannya belum tercapai. Ketika sudah tercapai, ia cenderung lupa diri.

Engkau memohon kepada Allah, ibarat rakyat jelata berhadapan dengan sang raja. Lalu rakyat jelata yang hina dan tidak berkedudukan sama sekali itu memohon sesuatu. Apakah ia memaksakan kehendak agar sang raja segera menuruti permintaannya?sungguh tidaklah sopan.

Oleh karena itu dalam berdoa, maka jangan sekali-kali berharap agar doa itu cepat-cepat dikabulkan. Lakukanlah berdoa semata- mata karena ibadah dan semata- mata karena memenuhi hak Allah. Dengan kata lain, doa semata- mata kewajibanmu.

Apabila dirimu mendatangi Allah dengan penuh adab-penuh kesopanan-, maka dapatlah menyebabkan kelegaan hati terhadap keputusanNya. Penundaan permohonan justru engkau jadikan sebagai sarana untuk mempertinggi keikhlasan dalam rangka menuju kepada sempurnanya ibadah.
add my facebook : plasmamedika@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment