Tuesday 21 September 2010

Opportunity Cost dari Kuliah dan Pandangan Ke Depan

Tau kah Anda

Mengapa seorang yang baru lulus dari SMU / sederajat harus kuliah ?
Bukanya Bekerja ?
mana yang lebih baik antara bekerja dan kuliah ?
dalam hal ini para ahli ekonomi menyebutkan bahwa ada opportunity cost jika kita memilih untuk kuliah.

Apa itu opportunyti cost ?

opportunyti cost adalah biaya peluang dengan penjelasan lebih lanjutnya bahwa biaya peluang tersebut adalah uang yang sebenarnya bisa anda dapatkan jika anda bekerja, bukanya kuliah. jadi begini, jika anda bekerja, bukanya kuliah maka anda kan memperoleh gaji atau upah katakanlah satu juta rupiah, sedangkan jika anda kuliah, bukanya bekerja berarti kesempatan anda mendapatkan uang satu juta tadi hilang. inilah yang dinamakan opportunity cost.

Dengan anda kuliah, berarti anda mengorbankan waktu untuk bekerja dan uang yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut. Malah anda akan menambah pengeluaran untuk biaya - biaya kuliah anda.

Dengan mengetahui adanya cost dari kuliah ini, maka seharusnya kita memandang kedepan. dengan menggunakan istilah return on investment. kita harus menganggap melalului kuliah tersebut, kita harus mendapatkan hasil yang berlipat - lipat kemudian harinya. karena itu kuliah harus kita anggap sebagai investasi, oleh karena itu kita tidak boleh mensia - siakan waktu perkuliahan kita. jangan sampai anda tidak mendapatkan hasil yang berlipat - lipat dari proses kuliah anda. jangan sampai anda rugi karena kuliah. Sudah menghabiskan banyak uang untuk biaya kuliah, hasilnya nilai jelek, terkenal sebagai pemalas dan bodoh di kampus, indeks prestasi standar ke bawah, tidak punya keahlian yang kesemuanya tidak menghasilkan return yang tinggi dari kuliah bahkan tambah bobrok karena kuliah.

Mulai dari sekarang, mari kita sadari bahwa ada opportunity cost dari kuliah. Dengan adanya opportunity cost tersebut, maka jangan sisiakan waktu anda di perkuliahan tersebut, dan perolehlah hasil semaksimal mungkin. Pada waktu menjadi mahasiswa kita harus dapat membuat pandangan yang baik dari orang - orang kepada diri kita, menghasilkan suatu karya atau sesuatu yang dapat dibanggakan dan setelah tamat nanti banyak perusahaan dan lembaga pemerintah yang besar siap menerima anda untuk bekerja. ini baru menghasilkan hasil yang tinggi.

Don't be lazy today and tommorow


sumber : Acitra, Yuan. ukses jadi MAHASISWA Tips dan Pedoman Sukses Menjadi Anak Kuliahan. ALFABETA. Bandung. 2008.

add my facebook : plasmamedika@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment